Peran Demografi Terhadap Perilaku Konsumen
Karakteristik
demografi adalah ciri yang menggambarkan perbedaan masyarakat berdasarkan usia,
jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, agama, suku bangsa, pendapatan, jenis
keluarga, status pernikahan, lokasi geografi, dan kelas sosial. Dengan adanya demografi, kita dapat relatif
lebih murah untuk mengidentifikasikan target market, informasi demografi
memberikan informasi
tentang trend yang sedang terjadi, demografi juga dapat dilihat untuk melihat
perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir demografi dapat digunakan
untuk mengevaluasi kampanye-kampanye pemasaran.
Karakteristik
demografi ekonomi penting untuk dipelajari karena pihak produsen dapat
mengetahui dengan pasti segmentasi pasar yang cocok untuk produknya. Seperti
apakah produknya dapat dipasarkan dan diterima oleh orang yang tinggal di kota
atau di desa, oleh anak-anak atau orang dewasa, dan oleh golongan menengah ke
bawah atau golongan menengah ke atas. Detail
demografi dan subbudaya perlu diketahui ketika pemasar akan menentukan
segmentasi pasar produknya. Hal ini penting agar pemasar dapat mengetahui pasar
mana yang potensial dan sesuai dengan karakteristik produk yang akan
dipasarkan. Variabel-variabel
demografi merupakan dasar paling popular untuk membedakan kelompok-kelompok
konsumen. Alasannya bahwa tingkat keinginan, pilihan dan pemakaian konsumen
seringkali selalu dikaitkan dengan variabel-variabel demografi. Di dalam
demografi terdapat beberapa variabel-variabel dalam suatu segmentasi pasar
yaitu terdiri dari tingkat usia dan daur hidup, jenis kelamin, pendapatan dan
segmentasi berdasarkan lebih dari satu variabel demografi.
Dalam variabel tingkat usia dan daur hidup, kita harus
menyesuaikan dengan keinginan dan kapasitas konsumen yang sering berubah-ubah
seiring dengan bertambahnya usia, misalnya ada sebuah industri mainan yang
berusaha menyesuaikan mainan anak-anak sesuai dengan usia anak, mulai dari usia
tiga bulan sampai usia dua belas bulan. Hal ini dimaksudkan agar para orang tua
atau konsumen dapat dengan mudah menyesuaikan hadiah yang cocok sesuai usia
bayi. Sedangkan dalam segmentasi jenis
kelamin telah diterapkan dalam pakaian, tata rambut, kosmetika dan majalah yang
sesuai. Dalam praktek segmentasi dari segi pendapatan sudah sering dijalankan
perusahaan, biasanya produk yang dikelompokan untuk segmentasi jenis ini,
misalkan mobil, rumah dan lain-lain. Pada saat yang sama pendapatan tidak
selalu meramalkan para konsumen akan membeli suatu produk tersendiri. Naah,
pada segmentasi berdasarkan lebih dari satu variabel demografi sering sekali
dipakai perusahaan, misalkan segmentasi ini merupakan penggabungan antara
pendapatan, usia dan jenis kelamin.
Selain hal-hal di atas, terdapat variabel demografi yang
paling menonjol diantaranya yaitu struktur kependudukan, kelas sosial dan gaya
hidup.Dalam struktur kependudukan itu biasanya meliputi ukuran, struktur, dan
distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu
akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. sedangkan berdasarkan kelas
sosial yang didefinisikan sebagai pembagian anggota masyarakat ke dalam suatu
hierarki suatu kelas yang berbeda sehingga para anggota setiap kelas secara
relatif mempunyai status yang sama dan para anggota kelas lainnya mempunyai
status yang lebih tinggi atau lebih rendah. Aspek hierarkis kelas
sosial penting bagi para pemasar karena biasanya konsumen membeli berbagai produk
tertentu karena produk-produk ini disukai oleh anggota kelas sosial mereka
sendiri maupun kelas yang lebih tinggi, dan para konsumen mungkin menghindari
berbagai produk lain karena mereka merasa produk-produk tersebut adalah
produk-produk “kelas yang lebih rendah”.
Kemudian variabel berdasarkan gaya hidup yaitu merupakan
pola hidup yang menentukan bagaimana seseorang memilih untuk menggunakan waktu,
uang, dan energi dengan merefleksikan nilai-nilai, rasa dan kesukaan. Gaya
hidup terkait dengan bagaimana seseorang hidup, bagaimana menggunakan uangnya
dan bagaimana mengalokasikan waktu mereka. Gaya hidup yang diinginkan oleh
seseorang mempengaruhi perilaku pembelian yang ada dalam dirinya, dan
selanjutnya akan mempengaruhi atau bahkan merubah gaya hidup individu tersebut.
Berbagai faktor dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang diantaranya demografi,
kepribadian, kelas sosial, daur hidup dalam rumah tangga.
Sumber :
http://ayyayy.wordpress.com/2011/04/29/tugas-kuliah-perilaku-konsumen/Buku mengenai segmentasi pasar.
Berbagai sumber dari google.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar