Minggu, 18 November 2012

Tugas Softskill 2 ( Etika Bisnis )


TUGAS 2 ( ETIKA BISNIS )

Nama                           : Irnayanti
Npm                            : 13209690
Kelas                           : 4EA14
Mata Kuliah                : Etika Bisnis




            Pada tugas sofskill kali ini, saya akan membahas mengenai grup band pendatang baru yang bernama Platinoem Band. Pada kali ini saya di umpamakan apabila saya sebagai manager grup band tersebut, apa yang harus saya lakukan agar band tersebut dan karya-karyanya dapat diterima dimasyarakat dan grup band ini dapat masuk ke Industri Musik Indonesia dan bersaing dengan grup musik lainnya tanpa melanggar etika dalam dunia musik.

Platinoem Band berformasikan 5 mahasiswa yang berprestasi di bidang akademisi yang mendapatkan beasiswa penuh dari salah satu Universitas Swasta terkemuka. Mereka adalah DONNY (Drums) ,SAM (Lead & Layer Vocal), CANDRA (Bass & Backing Vocal), MOCEK (Electric Guitar & Backing Vocal) dan ANGGA (Acoustic & Electric Guitar, Backing Vocal). Sungguh hal yang sangat unik serta penuh keberuntungan yang sangat luar biasa bagi para personil Platinoem yang tak hanya beasiswa yang diraih, ternyata juga mendapatkan dukungan penuh dari kampusnya dalam hal bermusik hingga mewujudkan mimpi kebanyakkan para musisi untuk melahirkan sebuah karya album. Terbukti dengan dirilisnya album bertajuk self-tittled: Platinoem. Bukan cuma itu keberuntungan personil Platinoem. Keberuntungan sepertinya datang bertubi-tubi. Tak disangka Yovie Widianto, seorang penata musik handal tanah air tertarik untuk bekerjasama. Platinoem kemudian dirancang menjadi sebuah proyek besar yang melibatkan Yovie Widianto Music Factory, KAIn entertainment dan Sony Music Indonesia dengan menawarkan terobosan baru. Sebagai debut single di album ini, Platinoem Band dan Yovie sepakat mendaulat lagu lawas karya Yovie Widianto sendiri bertajuk "Bukan Untukmu". Lagu ini pernah dipopulerkan oleh Rio Febrian sekitar tahun 2002. Yovie juga memberikan lagunya yang lain "Biarkanlah" untuk dibawakan Platinoem Band. Lagu ini merupakan daur ulang lagu Kahitna di album pertama tahun 1996.
Dalam tugas saya kali ini, terdapat 4 lagu Platinoem Band yang harus dianalisis untuk dapat melihat kelebihan dan kekurangan apa yang harus diperbaiki. Dari 4 lagu yang dibawakan oleh grup band Platinoem yang terdiri dari 2 lagu recycle dan 2 lagu selanjutnya merupakan lagu ciptaan sendiri. Berikut ini merupakan link lagu yang dibawakan oleh grup band platinoem :
2.      Platinoem (Biarkanlah) :
3.      Platinoem (The Winner) :
4.      Platinoem feat Rindu AFI (Indah) :

Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis dari video clip 4 lagu yang dibawakan oleh Platinum Band yaitu lagu yang berjudul Bukan Umtukku, Biarkanlah, The Winner dan Indah. Menurut saya, untuk grup band pendatang baru sudah sangat bagus apalagi dalam prestasinya masuk ke industri music yang persaingannya semakin ketat. Khususnya untuk lagu yang di recycle mungkin lebih baik lagi agar grup band platinoem dapat memberikan kesan atau karakter yang kuat agar dapat menghilangkan karakter dari penyanyi aslinya sehingga setelah dibawakan oleh grup band platinoem, lagu tersebut mempunyai karakter dan kesan yang berbeda di hati pendengar karena memang itu merupakan tantangan utama juga dalam membawakan lagu recycle yang telah ada.
Untuk lagu ciptaan sendiri yang dibawakan oleh platinoem, semuanya sudah bagus dan musiknyapun enak didengar tetapi mungkin setiap pendengar music mempunyai aliran/jenis musik yang berbeda-beda yang cocok untuk mereka sehingga untuk grup band pendatang baru, sebaiknya harus dapat mencari peluang dan celah untuk masuk ke dunia musik dengan jenis musik yang sedang banyak digemari oleh pendengar agar dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh masyarakat. Karena dunia musik saat ini semakin berkembang pesat, oleh karena itu persaingan dalam industri musikpun menjadi semakin ketat dan musisi-musisipun dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan karya-karyanya agar dapat bersaing di dunia music sekarang ini.
Dan setelah dilakukan pengamatan kepada video clip dari 4 lagu yang dibawakan oleh grup band platinoem, secara keseluruhan sudah sangat baik dan sesuai dengan lagu yang dibawakan tetapi mungkin ada beberapa hal yang harus diperbaiki menjadi lebih baik dan menarik dan video klip harus mencerminkan karakter artis dan musiknya. Video klip merupakan sarana atau media untuk publikasi dan promosi sebuah band, penyanyi maupun album musik. Oleh kaena itu suatu grup band harus dapat memaksimalkan promosinya di video klip khususnya bagi grup pendatang baru karena dengan ini penonton atau masyarakat dapat mengenal, menikmati dan menilai langsung grup tersebut beserta lagu yang dibawakan. Mengingat banyaknya audiens yang dijangkau, maka video clip menjadi media promosi yang efektif untuk mengangkat atu mempopulerkan penyanyinya. Menarik atau tidaknya sebuah video klip bergantung pada kemampuan sutradara atau pembuat video klip itu sendiri, sehingga tanggung jawab professional yang dipikul sangat berat.
Apabila saya sebagai manager grup music platinoem band, untuk memperkenalkan band ini dan membuat band ini dikenal oleh masyarakat, saya akan lebih mengutamakan pada pembentukan karakter band, dapat mengorbitkan Platinoem Band ke berbagai acara-acara ON AIR maupun OFF AIR, acara-acara On Air seperti acara musik (dahsyat, inbox, hip-hip hura, mantaap, dll) atau bisa juga datang ke radio radio, sekolah, kampus, atau bisa juga dengan mengadakan tour ke berbagai kota di Indonesia dan yang terpenting yaitu lebih mengutamakan video klip sebagai media promosi yang efektif terutama dari pembuatan video klip itu sendiri yang harus dibuat begitu menarik dan menampilkan keindahan visual dengan tujuan menarik perhatian penonton. Video klip merupakan materi publikasi yang sangat efektif  karena dapat ditayangkan di televisi dan ditonton oleh khalayak ramai. Begitu banyaknya artis baru bermunculan dibelantika musik indonesia yang terdiri dari berbagai jenis aliran musik, maka perlu adanya strategi media yang baik dalam mempromosikan suatu band sebagai salah satu artis pendatang baru agar dapat dikenal oleh masyarkat pecinta musik khususnya yang sesuai dengan jenis/genre dari grup musik itu sendiri. Visual dalam video klip disesuaikan dengan tema musik yang mereka mainkan serta mencerminkan identitas band itu sendiri. Hal-hal tesebut dipadukan sedemikian rupa sehingga muncul sebuah konsep visual yang akan disajikan dalam bentuk video klip.
              Konsep video klip dijabarkan dengan penerapan ilmu Desain Komunikasi Visual Multimedia, misalkan dalam pemilihan warna disesuaikan dengan emosi lagu, komposisi tampilan visual disusun dengan harmonis, konsep visual itu dijabarkan kedalam storyboard yang kemudian dijadikan pedoman dalam proses produksi video klip. Target audiens dan strategi media ditentukan berdasarkan hasil observasi, sedangkan teknis memproduksi video klip dirancang sesuai teori dari buku-buku mengenai pembuatan film dan video klip.

Sumber : http://www.platinoem.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar